Senin, 05 Juli 2010

KISRUH PENDAFTARAN SMA - Kerugian di Balik Kacaunya Pendaftaran


Sejumlah orangtua dan calon siswa SMA melihat hasil pendaftaran di SMA Negeri XII Jakarta Timur, Jumat (2/7/2010). Jaringan komputer online PPDB SMA/SMK di DKI Jakarta kembali ngadat. Data calon siswa kembali tidak bisa dientry, sehingga menumpuk. Banyak orangtua khawatir data anaknya tak berhasil dientry sehingga tak mendapat sekolah yang diinginkan.

JAKARTA, KOMPAS.com — Diulangnya pendaftaran SMA/SMK melalui penerimaan peserta didik baru atau PPDB online di DKI Jakarta dari 1-3 Juli menjadi 6-8 Juli 2010 dianggap merugikan, baik bagi orangtua murid maupun anak didik. Para orangtua kembali harus datang ke sekolah dan melakukan proses pendaftaran ulang.

Psikis anak juga terganggu karena urutan ranking sewaktu-waktu bisa berubah dan melempar anak ke sekolah yang tidak.
-- Hendriati

“Kami merasa dirugikan dari segi waktu, sementara psikis anak juga terganggu karena urutan ranking yang sewaktu-waktu bisa berubah dan melempar anak ke sekolah yang tidak diharapkan,” ucap Ny Hendriati, orangtua murid SMP 109, kepada Kompas.com di Jakarta, Senin (5/7/2010).

Hendriati menuturkan, ia mendaftarkan anaknya di lima SMA negeri pilihan anaknya, yang antara lain SMAN 71, SMAN 91, SMAN 42, SMAN 14, dan SMAN 54 di Jakarta Timur. Dia mengaku tidak siap jika anaknya harus bersekolah di sekolah swasta.

“Jelas, anak saya harus masuk ke sekolah negeri karena sudah fokus ke negeri. Nilai-nilainya pun sudah memadai untuk masuk ke sekolah negeri,“ tambahnya.

Hendriati berharap, pemerintah tidak semena-mena terhadap kebijakan yang dikeluarkan, yang dalam hal ini PPDB online untuk mendaftar siswa baru. Selain itu, kata dia, kebijakan tersebut adalah kebijakan tentang pendidikan yang menyangkut hajat hidup orang banyak.

“Kami ini rakyat. Aspirasi kami harusnya didengarkan dengan baik,“ ujar Hendriati menjelang pembahasan evaluasi sistem PPDB online di kantor ICW, Kalibata, Jakarta Selatan.

Seperti diberitakan sebelumnya, aliansi orangtua murid bersama Forum Musyawarah Guru Jakarta (FMGJ), Senin (5/7/2010), menyerukan perlunya evaluasi mengenai terhambatnya pendaftaran PPDB SMA/SMK 2010 yang harus diulang. Seruan tersebut menyusul kekacauan pendaftaran akibat server PPDB online yang bermasalah.


SUMBER

0 komentar:

Clock !!!


Get your own Digital Clock

 

Tags

Site Info

(Anda Memasuki Blog Pembawa Virus Tanpa/Bebas Virus)

My Yahoo Messenger

Followers